Restocking 2 Jpeg

Restocking (Penebaran Bibit Ikan) di Tiga Sungai Kota Probolinggo

Pelaksanaan kegiatan Restocking Bibit Ikan di Perairan darat dilaksanakan pada hari Senin, tanggal 12 April 2021 berlokasi di 3 (tiga) titik sungai di Kota Probolinggo. Kegiatan ini dimulai pada pukul 06.00 WIB sampai selesai. Kegiatan restocking tahap 2 ini diikuti oleh staf Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan, Penyuluh Perikanan, Perwakilan dari Kelurahan, perwakilan pokdarwis dan beberapa perwakilan masyarakat sekitar. Lokasi pertama kegiatan restocking ini di Sungai Kasbah, Kelurahan Sukabumi Kecamatan Mayangan dengan jumlah bibit yang ditebar sebanyak 7.000 bibit ikan Wader. Lokasi kedua adalah Sungai Saluran Gladak Serang, Kelurahan Kanigaran, Kecamatan Mayangan. Bibit ikan yang ditebar sebanyak 7.000 ekor bibit ikan Wader. Kegiatan ini diikuti oleh staf Kelurahan Kanigaran, bebrapa komunitas mancing di lokasi tersebut, dan bebrapa orang perwakilan warga sekitar

Lokasi ketiga adalah Sungai Kompak, Kelurahan Jrebeng Kidul, Kecamatan Wonoasih. Rincian Bibit ikan yang ditebar sebanyak 6.000 ekor ikan Wader. Di lokasi ini, kegiatan restocking diikuti oleh Lurah Jrebeng Kidul dan beberapa staf Kelurahan, beberapa anggota pokdarwis dan masyarakat sekitar yang sangat antusias dengan kegiatan ini. Kelurahan Jrebeng Kidul terpilih sebagai salah satu kelurahan yang mewakili Kota probolinggo dalam penilaian Kampung proklim tahun 2021. Kegiatan restocking ini bertujuan sebagai penguatan atau dukungan terhadap kegiatan tersebut.

Bibit Ikan yang digunakan pada kegiatan ini seluruhnya berjumlah 20.000 ekor. Jenis ikan yang digunakan adalah bibit Ikan Wader yang diperoleh dari hasil kerjasama dengan UD. Tri Jaya Mandiri. Kondisi bibit, sehat dan baik. Ikan dikemas dalam kantong plastic sesuai SOP pengiriman Bibit ikan. Sumber dana dari kegiatan ini adalah DID (Dana Insentif  Daerah).  Kegiatan ini diharapkan dapat bermanfaat bagi lingkungan dan masyarakat sekitar sesuai dengan tujuan yang ditetapkan. Besar harapan dari Pemerintah Kota agar masyarakat sekitar dapat menjaga dan memelihara bibit ikan yang sudah ditebar agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Sehingga tujuan mengembalikan fungsi dan peran perairan umum sebagai ekosistem akuatik yang seimbang dapat terwujud.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *