Cover

Petani Milenial Kota Probolinggo Lolos Seleksi Ajang Pemilihan Young Ambassador Agriculture Program YESS Tahun 2024

Halo sobat tani,

Agus Malik dan Muhammad Rizki Akbar, dua petani millennial binaan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan Kota Probolinggo berhasil lolos seleksi administrasi pemilihan Young Ambassador Agriculture Program YESS Tahun 2024. Saat ini keduanya sedang menjalani bootcamp selama lima hari di Kota Bogor bersama 95 peserta lainnya dari seluruh Indonesia. Dalam kegiatan ini, mereka akan dibekali materi meliputi wawasan bisnis, pemahaman media, kemampuan berkomunikasi di depan publik, dan kepemipinan selama bootcamp.

Young Ambassador Agriculture merupakankegiatan yang diinisiasi olehProgram Youth Entrepreneurship and Employment Support Services (YESS) dari Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian. Young Ambassador Agriculture adalah kegiatan pemilihan dan pelatihan petani/pengusaha muda sektor pertanian dari seluruh Indonesia untuk dapat menjadi duta Program YESS dengan tujuan mempromosikan dan mengajak kaum muda di wilayah Program YESS untuk terlibat secara aktif di sektor pertanian.

Setelah tahapan bootcamp ini, akan dipilih 70 nominee Young Ambassador Agriculture yang akan mengikuti proses penjurian. Pada tahap penjurian, para calon Young Ambassador Agriculture akan memaparkan progres usaha mereka dan implementasi dari hasil pembekalan yang mereka peroleh selama masa bootcamp di hadapan dewan juri. Materi pemaparan meliputi :

  1. Rencana pengembangan usaha;
  2. Diversifikasi dan penambahan nilai produk;
  3. Rencana dan upaya yang telah dilakukan dalam mengembangkan ekosistem kewirausahaan di lingkungan sekitar, dan
  4. Pemberdayaan masyarakat sekitar.

Semoga dua petani millennial dari Kota Probolinggo ini dapat terpilih menjadi Young Ambassador Agriculture 2024, harapannya mereka dapat memberikan motivasi dan inspirasi kaum muda lainnya untuk terjun ke sektor pertanian, sehingga semakin banyak petani milenial yang tumbuh di Kota Probolinggo.